Gu Seumuleng, Penggugah Selera Makan

http://acehbase.com/gu-seumuleng-pegugah-selera-makan/

“Gu Seumuleng” yang dalam bahasa Melayu disebut ‘Umbi Rotan’, memiliki kelezatan tersendiri. Namun, sebagian besar masyarakat tidak tahu kalau umbi rotan tersebut dapat dimakan.

Gu Seumuleng merupakan nama khas yang dikenal masyarakat Aceh, khususnya di Aceh Selatan. Nama makanan yang sering digulai ini tidak asing lagi bagi masyarakat Aceh Selatan secara umum. Dalam bahasa Aneuk Jamee, gu seumuleng disebut dengan ‘umbuik muliang’.

Setiap bulan puasa, gu seumuleng menjadi makanan favorit. Ini merupakan jenis sayur-sayuran yang sangat jarang ditemukan di pasaran, kecuali pada bulan puasa dan itu pun di daerah tertentu. Di daerah Kluet, Aceh Selatan, gu seumuleng dapat dijumpai di pasar Kota Fajar. Namun, ada juga yang menjajakannya hingga ke pasar Tapaktuan. Harga per potongnya Rp1.000 – 2.000. Harga ini relatif murah. Terkadang gu seumuleng sudah diikat sampai tiga atau lima batang. Satu ikat dijual Rp3000. Kalau diambil dua ikat, kadang dapat Rp2.500.

Seumuleng ini juga dapat dijumpai di pasar Simpang Opak, Aceh Tamiang. Namun, tidak tertutup kemungkinan juga terdapat di beberapa pasar di Medan, yang didatangkan dari Tapanuli dan Riau.
Gu seumuleng ini, selain merupakan jenis sayur-sayuran, juga dapat dijadikan sebagai obat daya tahan tubuh dan menambah selera makan. Orang-orang tua dulu sering menjadikan gu seumuleng sebagai obat yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi, anti penyakit malaria, asam lambung, dan sebagiannya.

Cara memasaknya bisa beragam, derebus, dimasak bersama gulai ikan, atau dibakar lalu isinya diiris-iris. Akan lebih enak jika yang telah dibakar ditambahkan bumbu kelapa gonseng, garam, dan jeruk nipis. Wah, maknyus, tapi rasanya sedikit pahit.

Untuk memperoleh gu seumuleng tidak mudah. Batangnya berduri serta tumbuhnya pun di aerah tertentu seperti di rawa-rawa. Gu seumuleng sering hidup di pinggiran sungai dan hutan dataran tinggi. Batang gu seumuleng atau rotan ini juga merupakan bahan pokok untuk pembuatan kursi rotan, tapi bagi sebagian orang tidak tau bahwa umbi/bagian pucuk rotan dapat bermamfaat sebagai gulai dan obat.

Di Aceh Selatan mudah untuk mendapatkan gu seumuleng, seperti di daerah rawa hutan Taman Nasional Gunung Leuser dan di Rawa Trumon. Boleh dipastikan, gu seumuleng ini terdapat juga di pengunungan sepanjang Aceh Selatan.[zuki]
Share this post :

Posting Komentar

Test Sidebar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. zuki kembali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger