Pante Ie Sijuk Wisata Pualam di Aceh Selatan

http://acehbase.com/pante-ie-sijuk-wisata-pualam-di-aceh-selatan/ 
oleh ; Marzuki Bugeh
 
 SEBUAH jalan baru dari Gampông Ujong Batee, Kecamatan Pasieraja, Aceh Selatan menuju Gampông Ie Pineung, Kecamatan Tapaktuan, baru saja dibuka. Pembukaan jalan ini telah menunjukkan sisi lain keindahan alam Aceh Selatan. Panorama pantai yang membentang sepanjang pesisir Laut Hindia itu membuktikan bahwa Aceh Selatan tidak kalah beatiful dibanding sejumlah pantai di Benua Eropa.

Kendati jalan baru dibuka itu masih berbatuan, tidak menyurutkan langkah masyarakat setempat untuk bertandang ke sepanjang jalan itu. Pasalnya, panorama alam tepi pantai yang tampak begitu indah mampu mengalahkan penatnya pinggul yang bergoyang-goyang dari atas jok kendaraan.

Selain itu, bagi masyarakat di sekitaran jalan baru tersebut, telah terbuka mata pencarian baru. Beberapa warga mulai mendirikan warung persinggahan alternatif di sepanjang jalan tersebut.
Sebenarnya, panorama keindahan alam itu sudah lama diketahui orang-orang. Namun, selama ini mereka hanya dapat menikmati keindahan tersebut dari atas bukit. Dengan dibukanya jalur alternatif Ujongbatee-Ie Pineung, lokasi keindahan di sana bukan hanya dapat dinikmati dari kejauhan, tetapi langsung di lokasi.

Pante Ie Sijuk, demikian nama objek panorama yang muncul seketika saat jalan baru tersebut dibuka. Nama itu diucapkan salah seorang pemilik warung Eriana Kafe, Ade Kancamara. “Suasana di sini sejuk. Pemandangannya indah,” ujar Ade.

Adapun lokasi tersebut masuk ke dalam Kecamatan Pasieraja, Aceh Selatan. Seperti diakui Ade, keindahan dan kesejukan alam di sana terasa sekali. Apalagi,saat matahari masih terlalu pagi untuk mengeringkan embun atau kala matahari senja akan bersembunyi di balik ufuk. Pepohon cemara yang berjejer di sepanjang jalan menambah suasana tersendiri bagi Pante Ie Sijuk.

Sesuai namanya, kondisi suhu di sini amat sejuk. Sembari menikmati hembusan angin dari celah-celah daun, setiap pengunjung dapat menikmati luasnya gelombang Laut Hindia. Tidak salah, tempat itu menjadi salah satu tempat favorit pengunjung meskipun lokasi tersebut belum lama dibuka.

Tidak jauh dari Pante Ie Sijuek, tampak pula Gunung Alue Krit yang sangatterjal. Bebatuan di gunung itu terlihat seperti curam yang mengerikan. Namun, justru pemandangan itu menjadi keindahan tersendiri bagi sejumlah pengunjung. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Gunung Terbang dari lokasi Pante Ie Sijuek.

“Makanya banyak pengunjung yang datang, tidak mesti hari libur. Pengunjung yang suka main ke sini kadang dari Kluet Utara dan Kluet Selatan. Ada juga pengguna jalan yang kebetulah lewat, lalu singgah di sini,” ujar Ade lagi.

Ade sangat mengharapkan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dapat mendorong lokasi Pante Ie Sijuek sebagai salah satu objek wisata yang dikembangkan. Apalagi, kata dia, Pemerintah Aceh memiliki proram Visit Aceh 2013 yang mengembangkan Aceh menjadi daerah wisata.[]

Share this post :

+ komentar + 1 komentar

29 Mei 2014 pukul 12.03

luar biasa..
mampir ke blog saya
http://lensafeez.blogspot.com

Posting Komentar

Test Sidebar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. zuki kembali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger