Trumon, Sisa Kerajaan Tua di Pedalaman Aceh Selatan

http://acehbase.com/trumon-sisa-kerajaan-tua-di-pedalaman-aceh-selatan/

TRUMON adalah sebuah wilayah paling ujung di Aceh Selatan. Trumon merupakan ibukota kecamatan salah satu kecamatan di Aceh Selatan yang berbatas langsung dengan Kabupaten Aceh Singkil dan Subulussalam. Di sana ada banyak mukim dan gampông.

Sejalan dengan kemajuan zaman dan penambahan penduduk, Trumon dimekakarkan dalam tiga kecamatan. Trumon Timur dan Trumon Tengah merupakan dua kecamatan hasil pemekaran Trumon (kecamatan induk). Letaknya di lintasan jalan negara (Tapaktuan – Medan). Adapun Kecamatan Trumon tetap menjadi sebuah wilayah pemerintahan kecamatan yang terasing di pedalaman. Wilayah ini akrab disebut dengan Keudee Trumon.
trumonLetak Keudee Trumon jauh dari lalu lintas jalan raya, lebih kurang 15 kilometer dari jalan negara menuju pusat kecamatan. Dalam sejarah Aceh, Trumon merupakan sebuah kerajaan yang berdaulat dan mempunyai sistem kerajaan yang tersohor hingga beberapa negara di Asia dan Eropa. Dalam beberapa tulisan/artikel serta cerita-cerita rakyat disebutkan bahwa Kerajaan Trumon sudah dimulai sejak abad 17.

Dikisahkan saat itu ada seorang pendatang dari Aceh Besar membangun kerajaan di wilayah selatan Aceh. Kerajaan itu disebut Trumon. Orang yang membangun kerajaan di sana dikenal dengan sebutan Tengku Djakfar. Singkat cerita, berdirilah kerajaan Trumon tersebut dan akhirnya mendapat pengakuan dari Kerajaan Aceh dengan diberikannya Cap Sikureueng dan memiliki mata uang sendiri.

Sejarah yang menceritakan tentang Kerajaan Trumon telah ditulis banyak orang. Namun, sejarah tersebut sepertinya terlupakan dan kurang mendapat perhatian untuk dikaji lebih dalam. Banyak kisah yang terdapat di balik Kerajaan Trumon kurang terekspos ke luar. Banyak pula peninggalan kerajaan sebagai warisan budaya Aceh dan Nusantara dari Kerajaan Trumon yang mestinya digali kembali.

Melihat lebih jauh, sebenarnya orang Aceh selalu bangga dengan sejarahnya. Namun, mereka lupa melestarikannya. Ada banyak sisa kota kerajaan pernah berjaya di Bumoe Seuramoe Mekkah ini yang sampai hari ini terluakan. Kerajaan Trumon hanya satu contoh kecil. Di tempat lain barangkali ada sejumlah kerajaan kecil lain, yang letaknya juga di pedalaman, terlupakan dari kajian sejarah. Pelestarian dan pengembalian marwah bangsa Aceh dapat dicapai salah satunya dengan bercermin pada sejarah. Maka, menggali kembali sisa Kerajaan Trumon adalah salah satu pilihan yang harus dilakukan.[MARZUKI SB]
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

28 November 2013 pukul 10.26

Assalamualaikum,
salam kenal sahabat. Saya copas artikel ini untuk dishare kan dihalaman Kluet Media. Mohon izinnya sahabat.

Posting Komentar

Test Sidebar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. zuki kembali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger