Menilik Isu Pemekaran Kluet Raya

Oleh : Marzuki Bugeh
(20.12.11)

Kluet raya merupakan gabungan dari 5 (lima) kecamatan yang pada umumnya dinisbatan dengan kata Kluet (baca sejarahnya), yaitu. Kluet Utara, Kluet Selatan, Kluet Tengah, Kluet Timur dan Pasie Raja (Kluet Barat). Pada dasarnya kluet hanya dibagi 2 (dua) kecamatan saja, yaitu Kluet Utara dan Selatan, akan tetapi kemudian dikarenakan oleh perkembangan daerah serta unsur kepentingan pihak-pihak tertentu sehingga kluet pecah menjadi 5 (lima) kecamatan sebagaimana telah disebutkan.

Hari ini isu baru mulai muncul lagi dalam masyarakat yang dipelopori oleh para elit politik, dimana kluet yang merupakan bagian dari Aceh Selatan, kemudian ingin dimekarkan lagi menjadi sebuah kota pemerintahan (pemko). Hal paling kita sayangkan disini hanyalah kenistaan para elit yang ditonjolkan pada masyarakat, dengan dalih untuk mengembangan wilayah baru dalam rangka memudahkan proses administrasi, mencipatakan pembangunan, mensejahterakan rakyat dan isu bohong belaka yang lainnya supaya masyarakat mau mendukung keinginan para pihak yang ingin berkuasa.

Apabila kita ingin dan mau melihat lebih jauh, apa yang dijanjikan itu hanyalah kebohongan belaka, penipuan demi tercapainya tujuan penguasa. Kita patut mempertanyakan apa sebanarnya yang harus dilakukan oleh pemerintah apabila kluet ini nanti dimekarkan?, apa yang dibanggakan didaerah ini?, apa dampak baik bagi masyarakatnya? Dan banyak pertanyaan lain yang mesti kita cermati.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam menata suatu pemerintah yang baru sangat banyak masalah yang harus kita perhatikan demi tercapainya suatu pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, tentu kita harus riil mengindentifikasikan beberapa hal pokok, antara lain kondisi geografis, kemampuan ekonomi masyarakat, potensi alam, luas wilayah untuk segala sector, dan lain sebagainya. Nah apabila unsur-unsur itu tidak dapat terpenuhi maka mustahillah suatu pemerintahan baru dapat menjamin kemajuan.

"Ureung Areh geu peutimang nanggroe, geu tinggai warisan keu aneuk cuco".


"Penulis adalah pemerhati masalah sosial Aceh Selatan"

Share this post :

Posting Komentar

Test Sidebar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. zuki kembali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger